5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Manfaat Air Alkali Bagi Tulang  

air alkali bagi tulang 

Salah satu kebaikan yang didapatkan dari air alkali ionisasi seperti air alkali Kangen Water adalah manfaatnya bagi kesehatan tulang. Seperti yang kita ketahui, pola makan yang bersifat asam sangat beresiko atas berkurangnya kepadatan massa tulang dan saat ini kasus osteoporosis semakin sering terdengar di zaman modern ini. 1 dari 2 wanita beresiko mengalami pelemahanan kepadatan tulang. Demikian juga dengan laki-laki, tak luput dari resiko tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa minum air alkali dapat membantu mengurangi resiko berkurangnya kepadatan tulang. 

 

Berikut ini 3 Alasan Kenapa Air Alkali Ionisasi Bermanfaat Baik Bagi Kesehatan Tulang

1. Pola diet yang bersifat asam dapat memicu resiko terhadap berkurangnya massa kepadatan tulang. Minum air alkali dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang yang baik serta membantu mengurangi resiko osteoporosis

2. Air alkali ionisasi seperti Kangen Water mengandung mineral-mineral yang penting, salah satunya adalah kalsium. Kalsium sendiri diperlukan untuk menjaga kepadatan massa tulang.

3. Air alkali membantu menjaga keseimbangan pH tubuh yang baik. pH tubuh yang baik membuat tubuh tidak memboroskan buffer alkali cadangan yang terdapat dalam tulang dan gigi untuk menetralisir asam yang berlebihan.

 

Kenapa Diet atau Pola Makan Berpengaruh Besar Pada Kesehatan Tulang?

tulang osteoporosis

Diet atau pola makan yang bersifat asam menghasilkan banyak sekali asam di dalam tubuh yang harus untuk dinetralisir atau dibuang. Ketika usia kita masih muda, ginjal kita masih dapat dengan mudah mengatasi sifat asam yang berasal dari makanan dengan jalan menambahkan bikarbonat ke dalam aliran darah, atau melakukan pembuangan kelebihan asam melalui urin. Namun setelah umur 40an, ginjal kita untuk menetralisir sifat asam mengalami penurunan kemampuan. Ketika ginjal mulai kewalahan, maka tubuh akan mulai untuk "mengkanibalisasi" tulang untuk menetralisir asam yang berlebihan. Tulang banyak mengandung kalsium, yang termasuk dalam golongan bikarbonat alkali yang dapat membantu menetralisir sifat asam. Mekanisme tubuh untuk "mengkanibalisasi" tulang sebagai jalan untuk mengkompensasi sifat asam berlebihan merupakan salah satu alasan kenapa orang banyak yang mengalami kepadatan massa tulang yang rendah dan memiliki resiko besar terhadap terjadinya osteoporosis ataupun patah tulang.

 

Manfaat Air Alkali Bagi Wanita

Sebuah studi mengenai efek minum air alkali pada wanita pre-menopause mengatakan bahwa konsumsi air mineral alkali merupakan cara paling mudah dan sederhana untuk membantu menjaga keseimbangan asam basa. Studi dilakukan untuk membandingkan efek air alkali dan air asam terhadap hilangnya massa tulang pada wanita. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pH air yang anda minum berdampak terhadap seberapa baiknya tubuh anda dalam menyerap kalsium. Air alkali membantu meningkatkan penyerapan kalsium, sedangkan air yang bersifat asam tidak.

30 orang wanita dengan jumlah massa kalsium yang sama dipisahkan menjadi 2 grup. Grup tersebut mengikuti pola diet atau pola makan yang sama persis. Bedanya hanya terletak pada air yang mereka konsumsi setiap hari. Satu grup minum air alkali mineral sebanyak 1,5 liter setiap hari sedangkan grup yang satunya lagi minum air yang bersifat asam dengan jumlah yang sama setiap harinya. Pengukuran dilakukan pada minggu kedua dan keempat terhadap kepadatan massa tulang serta pH urin dan pembuangan bikarbonat melalui urin.

checklist

2 grup wanita tersebut memiliki kesamaan kehilangan massa tulang yang sama pada awal-awal test, dan level yang sama terhadap pH urin dan ekskresi kalsium. Ketika dilakukan pengukuran pada minggu kedua dan keempat, level pH urin naik pada grup yang mengkonsumsi air alkali, namun tidak demikian halnya pada grup wanita yang mengkonsumsi air yang bersifat asam. Level dari 2 penanda tulang secara umum diasosiasikan terhadap hilangnya massa tulang, hormon parathyroid dan serum C-telopeptida berkurang terhadap wanita yang mengkonsumsi air alkali sedangkan tidak demikian halnya dengan wanita yang megkonsumsi air yang bersifat asam. Berdasarkan penelitian ini, studi menyimpulkan bahwa air yang bersifat asam tidak memiliki dampak terhadap resorpsi tulang, sementara orang yang mengkonsumsi air alkali meminimalisir resiko hilangnya massa tulang. Hasil studi ini menunjukkan bahwa minum air alkali bermanfaat bagi kesehatan tulang anda.

 

Air Putih Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Tulang dan Tubuh

manfaat air alkali bagi tulang

Ketika anda minum air yang bersifat alkali, tubuh menyerap mineral esensial seperti kalsium, magnesium dan potassium yang terkandung di dalam air. Tubuh menyerap mineral dari air minum 30% lebih cepat dan lebih mudah ketimbang penyerapan melalui makanan. Air alkali yang dihasilkan dari mesin ionisasi air alkali seperti mesin air Kangen Water merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi mineral dari air yang anda minum sehari-hari. Hal ini dikarenakan mesin ionisasi air alkali Kangen Water dapat mengkonsentrasikan mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses ionisasi air tersebut. Jika anda dan keluarga butuh tercukupi asupan mineral setiap harinya, cobalah untuk mulai mengkonsumsi air alkali Kangen Water. Hubungi kami jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai cara pemasangan mesin air alkali Kangen Water di rumah anda.

 

Referensi:

1. Postgraduate Symposium Positive influence of nutritional alkalinity on bone health; Conference on ‘Over- and under-nutrition: challenges and approaches:

E Wynn, M A Krieg, S A Lanham-New, P Burckhardt. The Proceedings of the Nutrition SocietyCambridge: Feb 2010. Vol. 69, Iss. 1; pg. 166, 8 pgs

2. Rosborg, I, B Nihlgard, and L Gerhardsson. “Hair element concentrations in females in one acid and one alkaline area in southern Sweden.” PubMed NCBI. Ambio, n.d. Web. 3 Jul 2013. <http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14703901>

3. Frassetto, L. and Sebastian, A. Age and systemic acid-base equilibrium: analysis of published

data, Journal of Gerontology, Advanced Biological Science and Medical Science, 51: B91-99, 1996. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8548506

4. Wynn, E, MA Krieg, JM Aeschlimann, and P Burckhardt. “Alkaline mineral water lowers

bone resorption even in calcium sufficiency: alkaline mineral water and bone metabolism.” Bone. Elsevier, 27 Oct 2008. Web. 1 Jul 2013. <http://www.thebonejournal.com/article/S8756-3282(08)00781-3/abstract>.

5. Burckhardt, Peter. “The Effect of the Alkali Load of Mineral Water on Bone Metabolism.”

The Journal of Nutrition. American Society for Nutrition, n.d. Web. 26 Mar 2014. <http://jn.nutrition.org/content/138/2/435S.long>.

6. Abraham, Guy, and Jorge Flebas. “The effect of daily consumption of 2 liters of

electrolyzed water for 2 months on body composition and several physiological parameters in four obese subjects: a preliminary report.” Highbeam Research. Original Internist, 01 Sep 2011. Web. 2 Jul 2013. <http://www.highbeam.com/doc/1G1-269433201.html>