5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)

Bagaimana Level pH Yang Berbeda-Beda Mempengaruhi Tubuh Anda?

keseimbangan ph tubuh

Coba ingat-ingat kembali pada masa-masa SMA saat pelajaran kimia dimana anda belajar mengenai perbedaan antara "asam" dan "basa". Skala pH berkisar pada angka 0 hingga 14 dimana 0 dikatakan bersifat paling asam (contohnya asam baterai) dan 14 bersifat paling basa atau alkali (contohnya ammonia dan lindi alias lye). Dulu mungkin kita pikir hal seperti ini agak membingungkan namun nyatanya skala pH ini sebetulnya cukup sederhana ketika anda melihat dalam contoh konteksnya. Substansi berbeda, termasuk makanan dan air, memiliki tempatnya sendiri dalam skala pH. Tubuh anda pun memiliki tempatnya sendiri dalam skala pH dimana pH ideal tubuh manusia berkisar antara 7.35 hingga 7.45.

 

Pola Diet Zaman Modern

diet zaman modern

Sayangnya pola diet di zaman modern ini cenderung lebih didominasi oleh makanan dan minuman yang berada di bawah pH 7 pada skala pH, yang artinya makanan dan minuman di zaman modern ini cenderung bersifat asam. Tubuh anda melakukan tugas yang luar biasa dalam menyeimbangkan dan menetralisir sifat asam tersebut. Namun, kemampuan tubuh dalam menyeimbangkan sifat asam berlebih yang masuk ke dalam tubuh pun ada batasnya. Ketika tubuh anda terus menerus diasup oleh makanan atau minuman yang bersifat asam secara amat sangat berlebihan, maka perlahan-lahan pH pada organ tubuh anda dapat berubah yang pada akhirnya mengakibatkan efek negatif. Oleh karena itu sangatlah krusial untuk mempertahankan pH tubuh anda dalam keadaan natural atau alaminya apda pH 7.35-7.45. 

Cara paling baik dalam membantu tubuh menetralisir sifat asam berlebihan dan menjaganya pada pH 7.35-7.45 adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali serta minum air putih yang bersifat alkali alami seperti air putih Kangen Water. Sebuah aturan praktis yang bagus dan mudah diterapkan adalah dengan mengkonsumsi sekitar 80% makanan yang bersifat alkali seperti sayur-sayuran hijau, polong-polongan (kacang buncis, kancang merah, kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau), dan buah-buahan, sedangkan sisa 20%-nya lagi boleh mengkonsumsi makanan yang bersifat asam seperti daging-dagingan maupun produk dari bahan susu.

Sekarang hal yang mungkin anda tanyakan adalah apa yang akan terjadi jika tubuh anda bersifat terlalu asam?

Tubuh yang bersifat asam kronis (asidosis) dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti mudah lelah, sukar fokus, berat badan naik dan heartburn (rasa terbakar di dada).

 

Apa Yang Dikatakan Ahli Nutrisi Sehubungan Pentingnya Menyeimbangkan pH Tubuh?

Berikut ini yang dikatakan oleh para ahli gizi dan nutrisi mengenai pentingnya bagi kita untuk menjaga keseimbangan pH tubuh agar tetap sehat melalui penerapan pola makan dan pola hidup yang sehat:

1. Dr. Natasha Turner:

"Sistem pertahanan paling awal tubuh dalam mencegah terjadinya penyakit maupun penuaan adalah pH darah anda. Merestorasi keseimbangan pH merupakan langkah integral menuju kehidupan yang lebih sehat, tampak lebih muda dan segar lebih lama." - Dr. Natasha Turner

natasha turner

Dr. Natasha Turner merupakan seorang dokter naturopati ternama di Amerika Utara dan juga seorang founder dari Clear Medicine Wellness Boutique di Toronto, Kanada. Ia dikenal dalam mepromosikan kehidupan yang sehat, fitness dan sistem pengobatan terintegrasi. Baru-baru ini Dr. Natasha diberikan penghargaan oleh Ontario Association of Naturopathic Doctors sebagai salah seorang pemimpin di bidangnya. Dr. Natasha Turner merupakan dokter naturopati Kanada pertama yang tampil dalam acara Dr. OZ. Ia juga meraih penghargaan sebagai salah seorang penulis buku diet kesehatan alami terlaris yaitu "The Hormone Diet", "The Supercharged Hormone Diet" dan "The Carb Sensitivity Program".

 

2. Dr. Richard Snyder:

"Asidosis merupakan salah satu bahaya terbesar terhadap kesehatan kita namun sayangnya banyak yang tidak sadar mengenai hal ini. Jika anda sakit, pengobatan tak hanya melulu melalui konsumsi pil dan obat-obatan, namun dapat juga dengan mengubah kimiawi tubuh dengan jalan menormalkan pH tubuh. Dikarenakan lebih dari 70% tubuh terdiri atas air, maka minum air putih yang bersifat alkali disamping menjalankan pola diet alkali juga merupakan sebuah ajuran yang sangat baik." -Dr. Richard Snyder

Dr. Richard Snyder merupakan dokter osteopati dan praktisi pengobatan integratif yang bersertifikasi baik dalam pengobatan internal maupun nefrologi. Dr. Snyder mengambil spesialisasi dalam masalah penyakit ginjal. Beliau juga menulis buku yang berjudul “What you must know about Kidney Disease” (Apa Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Penyakit Ginjal) dan “What you must know about Dialysis” (Apa Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Dialisis.)

 

Langkah Yang Bisa Anda Ambil Untuk Menyeimbangkan pH Tubuh

diet alkali sehat

Jika anda bertanya-tanya apa solusinya untuk mengatasi asidosis dan menjaga agar pH tubuh berada dalam kondisi yang optimal, maka jawabannya sebetulnya sederhana yaitu, perbanyak makanan yang membentuk sifat alkali dan mengandung banyak mineral seperti sayur-sayuran dan buah-buahan contohnya alpukat, brokoli, kale dan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang menimbulkan sifat asam seperti daging-dagingan dan makanan olahan serta produk berbahan susu dan minuman bersoda.

air kangen

Solusi lain yang patut anda coba setiap hari disamping menjalankan diet alkali adalah rutin minum air putih yang bersifat alkali seperti air minum Kangen Water yang diproses secara alami menggunakan teknologi mesin air alkali buatan Jepang.

"Minum air yang bersifat alkali merupakan salah satu cara yang paling baik yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh." -Dr. Michelle Schoffro Cook

Dr. Michelle Schoffro Cook merupakan salah seorang penulis buku kesehatan alternatif terlaris internasional. Buku-buku yang ditulisnya contohnya "60 Seconds to Slim", "The Ultimate pH Solution" dan "Weekend Wonder Detox". Dr. Michelle juga merupakan seorang ahli medis dengan pengobatan alami, nutrisionis holistik, dan publisher "World’s Healthiest News".