5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Pentingnya Membersihkan Tubuh Dari Dalam Melalui Detoks

detoks tubuh 

Ketika kita sadar bahwa kebersihan rumah itu sangatlah penting sehingga kita melakukan bersih-bersih mulai dari kamar, ruang tamu, ruang keluarga hingga toilet, kita juga pastinya menyadari kalau kebersihan bagian dalam tubuh juga tak kalah pentingya. Itulah sebabnya detoksifikasi adalah suatu cara yang baik untuk membuat tubuh kita bersih dari dalam agar kelak terpancar kebersihannya di luar.

 

Mengapa detoksifkasi itu merupakan suatu hal yang wajib dan dikategorikan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita?

polusi udara

Toksin ada di sekeliling kita. Mulai dari udara terpolusi yang kita hirup hingga zat kimia dan pestisida yang tercampur dalam makanan kita, toksin-toksin atau racun dari lingkungan merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, bahkan orang yang paling berhati-hati menjaga kesehatannya sekalipun tak dapat terhindar dari paparan toksin dalam kehidupan sehari-hari. 

Bayangkan gabungan antara toksin dari lingkungan luar dengan toksin internal seperti stress, rasa khawatir, emosi negatif yang menyerang kita sehingga menyebabkan kita merasa kewalahan dan muncul rasa lelah, lemas, serta berbagai penyakit yang seharusnya tidak perlu terjadi. Ketika toksin-toksin ini semakin bertumpuk di dalam tubuh, maka ia akan memberi dampak negatif bagi struktur sel dan fungsi sel di dalam tubuh, membawa pada berbagai jenis penyakit seperti fibromyalgia, penyakit autoimun, sakit kepala, masalah pencernaan, konstipasi, diare maupun perut kembung. Sebagai tambahan, masalah-masalah pada kulit, masalah hormon, alergi makanan dapat merupakan hasil dari penumpukan toksin di dalam tubuh.

Sementara tubuh sendiri memiliki mekanisme bawaan untuk menyingkirkan toksin seperti berkeringat, menangis, buang air, dll, sistem-sistem ini seringnya dapat menjadi kewalahan jika jumlah toksin yang masuk terlalu banyak ketimbang yang dapat dikeluarkan. Hal ini umumnya terjadi di zaman modern dimana pola hidup dan pola makan harian serta faktor lingkungan sedang menuju ke arah artifisial yang tidak sehat.

 

Apa yang terjadi saat proses detoks?

Berbeda dengan pembersihan usus, yang hanya memiliki fokus utama untuk membersihkan sistem saluran pencernaan, detoks lebih bertujuan dalam menyingkirkan tumpukan toksin di tubuh akibat paparan dari polutan di lingkungan, demikian juga terhadap produk pembersih dan teknologi yang kita gunakan, merokok pasif, dll. Detoks secara harafiah dapat membantu membersihkan tubuh dan menyingkirkan racun-racun penyebab penyakit di dalam tubuh.

 

Bagaimana cara kita melakukan detoks?

diet detoks

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan manfaat dari melakukan detoksifikasi tubuh. Cara yang dapat dipilih bergantung pada kebutuhan masing-masing individu, level komitmen anda serta riwayat penyakit ataupun masalah kesehatan anda saat ini. Menjalankan program detoks dapat sesederhana hanya dengan melakukan perubahan pada pola diet atau pola makan harian anda seperti mengeliminasi atau mengurangi sebagaian besar konsumsi produk-produk dari daging, susu dan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran dan minum air putih yang sehat seperti Air Kangen. Cara lain detoks bisa melalui berada di ruang sauna, melakukan yoga. Selain itu sebagian orang tertentu juga ada yang suka melakukan akupuntur untuk detoks dikarenakan ia menggunakan cara yang alami mengunakan teknik tusuk jarum dari tiongkok kuno. Metode-metode detoks lainnya bisa juga anda cari di internet namun secara keseluruhan cara detoks yang paling mudah dan murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup yang sehat.

gejala detoks

Hal yang patut diingat ketika anda sedang detoks, terutama jika anda melakukannya untuk pertamakali, adalah bahwa selama proses detoks berlangsung terkadang anda akan mengalami efek samping yang tidak enak namun hanya untuk sementara waktu saja. Contoh-contoh efek samping sementara akibat proses detoks yang sedang berjalan yaitu sakit kepala ringan, diare, sembelit, pusing-pusing, sembelit, mudah tersinggung, mengantuk, rasa lemas, dll. Semakin banyak toksin yang ada di dalam tubuh anda maka semakin ekstrim pula efek samping yang anda rasakan namun efek samping sementara yang anda alami akibat proses detoks ini tidak ada apa-apanya dibanding manfaat jangka panjang yang akan anda rasakan bagi kesehatan anda setelah proses detoks ini usai. Lamanya proses detoks ini sendiri bervariasi pada setiap orang, ada yang hanya dalam hitungan hari hingga beberapa minggu. Pastikan anda tetap melanjutkan proses pembersihan tubuh melalui detoks ini agar tubuh anda benar-benar bersih. Tips yang bisa anda jalankan selama mengalami proses detoks ini adalah perbanyak istirahat dan perbanyak konsumsi air putih yang baik seperti air Kangen Water untuk memperlancar proses detoks dan pemulihan kesehatan tubuh anda.