5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Wow, Kurang Minum Air Putih Juga Dapat Memicu Stress Lho!

stress air putih

Stress merupakan kondisi serius namun sudah menjadi hal yang umum pada masyarakat di zaman modern ini. Setiap orang pasti pernah mengalami stress dan biasanya hal ini berkaitan erat dengan rasa khawatir dan depresi. Di negara-negara berkembang sendiri, seperti yang dilansir dari American Institute of Stress, sekitar 77% orang mengalami gejala-gejala umum stress secara fisik, 73% mengalami gejala umum stress secara emosional dan sekitar 33% hidup dalam kondisi stress yang ekstrim.

Stress dapat mengakibatkan depresi dan memicu rasa khawatir, demikian juga sebaliknya, depresi dan rasa khawatir dapat memicu stress. 3 kondisi ini yaitu stress, depresi dan rasa khawatir saling berkaitan dan seringnya salah satu masalah dapat memicu gejala yang lainnya. Oleh karena itu amat sangatlah penting untuk mengurangi faktor-faktor penyebab stress sebelum kondisinya semakin bertambah buruk. Pemicu stress paling tinggi adalah: tekanan pekerjaan, permasalahan keuangan, penyakit, hubungan antar sesama manusia (relationship),  eksposur media yang berlebihan, kurang tidur, asupan nutrisi yang buruk dan yang mungkin tidak ada sangka adalah kurang minum air putih juga ternyata dapat menyebabkan stress. 

air putih otak

Air teramat sangat esensial bagi kehidupan dan bagi organ-organ di dalam tubuh manusia agar dapat bekerja dengan baik. Sebanyak 85% jaringan otak terdiri atas air dan oleh karenanya kekurangan air dapat berakibat terjadinya bermacam-macam masalah psikologis. Dehidrasi ibarat dua sisi mata uang yang saling berkaitan, pertama dehidrasi dapat memicu rasa stress, khawatir dan depresi, dan kedua adalah stress, khawatir dan depresi dapat memicu dehidrasi. Dengan banyak mengkonsumsi air putih yang sehat setiap hari maka anda dapat membantu untuk mencegah stress baik stress secara fisik maupun psikologis.

 

Kaitan antara Stress dan Air

Stress merupakan kondisi yang umum terjadi, seringnya memiliki karakteristik atas adanya rasa tekanan pada  tubuh dan pikiran, yang dihasilkan dari kejadian-kejadian yang buruk.

kortisol

Kortisol merupakan hormon stress utama yang sangat sensitif terhadap dehidrasi.  Jika tubuh anda mengalami dehidrasi sebanyak 0,5 liter saja maka hal tersebut dapat menyebabkan naiknya hormon kortisol, yang dapat mendorong terjadinya stress. Dehidrasi sendiri merupakan satu hal yang sebetulnya sangat mudah untuk anda hindari. Dengan banyak minum air putih yang baik dan sehat, contohnya Air Kangen, maka anda dapat menyeimbangkan level kortisol anda, dan karenanya dapat mengurangi tingkat stress.

Ketika anda berada dalam kondisi stress yang tinggi, maka tubuh anda akan memetabolismekan air lebih dari biasanya. Tubuh membutuhkan air untuk segala hal, dari mulai memproduksi hormon hingga membantu kinerja organ-organ tubuh. Ketika anda mengalami stress, maka detak jantung anda akan meningkat dan nafas anda akan bertambah cepat, sehingga menyebabkan hilangnya cairan.

Merasakan terjadinya dehidrasi sama seperti ketika merasakan terjadinya stress. Keduanya memiliki gejala yang sama seperti rasa lelah, sakit kepala, lemas, pusing, mual, naiknya detak jantung dan timbulnya rasa gugup. Dengan tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih, maka hal ini dapat menolong anda menjaga kondisi tubuh dan pikiran agar tetap tenang dan terkontrol sepanjang hari yang anda lalui.

 

Kaitan antara Depresi dan Air

depresi

Depresi merupakan permasalahan mental yang memiliki karakteristik perasaan mood yang rendah secara berkepanjangan, rasa sedih, rasa tidak berharga dan rasa kurang bergairah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia alias WHO (World Health Organization), sebanyak 300 juta orang di seluruh dunia atau sekitar 5% penduduk dunia menderita akibat masalah depresi.

Masalah depresi ini tidak bisa dianggap enteng. Solusi paling sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi depresi salah satunya adalah minum air putih. Berdasarkan penelitian, jika anda mengalami dehidrasi maka hal tersebut dapat mengurangi emosi positif serta rasa tenang dalam diri anda dan hal itu tidak baik jika terus berkelanjutan. Obat-obatan anti depresi diketahui dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi dan konstipasi. Selain itu kafein, minuman berenergi dan alkohol sebaiknya juga dihindari agar dehidrasi tidak menjadi semakin bertambah parah. Konsumsi air putih berkualitas baik seperti Kangen Water merupakan solusi yang paling bagus untuk mengatasi masalah dehidrasi ini.

air kangen water

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah depresi dan dehidrasi juga berhubungan erat dengan berkurangnya produksi hormon endorphin, serotonin, dan triptofan (asam amino esensial). Jika anda kekurangan hormon maupun asam amino esensial ini maka hal ini dapat berkontribusi atas terjadinya rasa sedih dan tidak berharga. Untuk merestorasi hormon-hormon ini maka pastikan anda banyak minum air putih, mulai untuk berolahraga, menyantap makanan yang sehat serta menikmati sinar matahari pagi.

 

Kaitan antara Rasa Khawatir dan Air

khawatir cemas takut

Rasa khawatir adalah permasalahan dari segi kejiwaan yang kerap ditandai dengan rasa gelisah, cemas dan takut dalam jangka waktu lama yang dapat berefek negatif dalam kehidupan sehari-hari orang yang mengalaminya. Sebuah studi mengatakan bahwa sekitar 1 dari 13 orang di dunia menderita rasa khawatir berlebihan sehingga hal ini dikatakan sebagai kelainan mental paling umum yang kerap terjadi.

Dehidrasi dapat memicu rasa cemas atau khawatir. Kurang minum air putih dapat memicu jantung berdegup lebih kencang serta menimbulkan rasa pusing, gugup serta sakit kepala ringan. Semua gejala-gejala ini adalah hal yang umum yang biasanya terjadi pada orang yang terserang rasa khawatir. Tubuh, yang menganggap bahwa dehidrasi merupakan sebuah ancaman serius bagi kesehatan, secara tidak sadar menimbulkan rasa cemas dan rasa panik ringan. Banyak minum air putih yang sehat seperti air alkali Kangen Water secara teratur setiap hari dapat melegakan saraf-saraf, memperlancar aliran darah, sehingga akan mengurangi rasa cemas atau khawatir.

Nutrisi dan pencernaan dapat memiliki efek juga terhadap rasa khawatir. Minum alkohol, kopi atau kafein, minuman bersoda dan minuman berenergi, makanan gorengan, MSG, serta penyakit maag, acid reflux, konstipasi dan diare akan dapat membuat rasa gugup dan khawatir menjadi semakin parah. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membiasakan diri menjaga pola makan sehat, serta memperbanyak minum air putih sekitar 3 liter atau lebih agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit baik secara fisik maupun mental.

 

Kesimpulan

Agar anda dapat menjalani hari-hari menjadi lebih berkualitas serta terhindar dari stress, depresi dan rasa khawatir yang beresiko menganggu fisik dan mental anda, maka lakukanlah langkah sederhana ini sebisa mungkin setiap harinya:

1. Perbanyak minum air putih. Ingat air putih, bukan minuman berkafein, bersoda ataupun energy drink. Akan lebih bagus kalau air putih yang anda pilih adalah air putih bersifat alkali dan kaya antioksidan yaitu Kangen Water.

air kangen sehat alami

2. Biasakan menjalani pola diet alias pola makan yang sehat dan kaya akan sayur-sayuran.

3. Sebisa mungkin berolahraga ringan setiap harinya.

4. Bersosialisasi dengan teman-teman.

sosialisasi bersama teman

5. Menjalani tidur malam yang nyenyak dan berkualitas (hindari bermain gadget sebelum tidur).

Semoga kesehatan fisik dan mental anda tetap terjaga jika anda membiasakan diri menjalani pola hidup sehat ini. Salam Air Kangen Indonesia.