5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Mari Tingkatkan Level Kesehatan Tubuh Dengan 6 Langkah Sederhana Ini

Mungkin anda sudah sering mendengar, konsumsilah buah-buahan, sayuran dan jangan lupa berolahraga... namun hal ini biasanya lebih mudah untuk dikatakan ketimbang untuk dilakukan demi mencapai kesehatan tubuh yang lebih baik.

Berikut ini kami berikan tips-tips sederhana yang lebih mudah untuk dilakukan dan diaplikasikan setiap hari namun hasilnya dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda menjadi lebih baik. 

 

1. Relaksasi Sejenak di Tengah Kesibukan

rileks duduk di kursi

Terkadang tidak mungkin untuk memiliki waktu istirahat yang cukup terutama ketika ada belasan kegiatan yang harus anda lakukan setiap hari sekaligus dalam satu waktu. Namun ketahuilah bahwa relaksasi sejenak dapat membantu mengisi ulang energi baik di tubuh maupun di otak anda. Selepas anda melakukan relaksasi, energi anda akan tiba-tiba meningkat lagi untuk melakukan hal yang produktif ketimbang anda memaksakan diri melakukan sesuatu meski tubuh anda sudah menjadi terlalu lelah.

Karena itu tips sederhana namun efektif adalah cobalah luangkan waktu paling tidak 15 menit saja di tengah-tengah kesibukan anda kala tubuh anda sudah meminta istirahat. Duduk sambil menarik nafas dalam-dalam sudah cukup membantu untuk merelaksasi seluruh tubuh  dan "mengisi ulang baterai" anda.

 

2. Minum Air Putih Untuk Kembali Menyegarkan Sel-Sel Tubuh

minum air kangen

Minum air putih merupakan sebuah cara yang paling sederhana dan paling murah untuk dilakukan namun kontribusinya sangat besar bagi kesehatan anda. Telah diketahui dalam dunia kesehatan bahwa minum cukup banyak air putih di sepanjang hari akan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh anda. Jika anda tidak cukup banyak minum air putih setiap harinya maka tubuh anda akan beresiko menjadi dehidrasi, dan ketika hal ini terjadi maka metabolisme tubuh pun akan menjadi lebih pelan sehingga energi anda pun akan menurun. Konsumsilah air putih bahkan ketika di kala anda tidak haus sekalipun. Usahakan untuk menargetkan minum air putih paling minimal 2 hingga 3 liter perharinya untuk menjaga tubuh anda tetap vit dan segar. Jika anda ingin minum air putih yang berkualitas bagus, cobalah mengkonsumsi Air Kangen yang lebih mudah diserap sel-sel tubuh untuk menghasilkan hidrasi atau penyerapan yang lebih efektif ke setiap sel di dalam tubuh anda.

 

3. Jaga Atas Cairan Apa Yang Masuk Ke Tubuh Anda

Masih berkenaan dengan cairan, adalah sangat krusial untuk memperhatikan berapa banyak kalori yang diserap masuk ke dalam tubuh anda tanpa anda menyadarinya!

Sangat mencegangkan untuk mengetahui fakta bahwa ada begitu banyak resiko memasukkan kalori tambahan yang tidak anda sadari dalam wujud minum-minuman berpemanis seperti jus buah dengan tambahan gula, sirup, teh manis, minuman bersoda, dll. Alih-alih minum minuman yang menambahkan kalori ke tubuh, pastikan anda lebih memilih untuk mengkonsumsi air putih tawar yang lebih aman dan menyehatkan bagi tubuh anda.

 

4. Mengunyah Makanan Lebih Pelan

mengunyah makanan

Kunyahlah makanan anda secara lebih pelan. Saran untuk mengunyah makanan secara perlahan ini ternyata ada manfaatnya. Ketika anda makan lebih pelan maka anda akan merasa lebih cepat kenyang dengan konsumsi makanan yang lebih sedikit sehingga menghindari anda dari resiko pertambahan berat badan, masalah pencernaan, dll.

 

5. Makan Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

Benar, tubuh anda juga membutuhkan lemak agar dapat berfungsi. Kuncinya adalah mengkonsumsi makanan dengan lemak yang tepat serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat.

Mungkin anda sering mendengar mengenai trans-fat atau lemak yang mengalami penambahan atom hidrogen pada molekulnya yang disebut proses hidrogenasi contohnya gorengan, makanan yang dipanggang, chicken nugget, donat, pizza dll. Jenis-jenis makanan yang mengandung trans-fat tersebut tidak baik bagi tubuh dan beresiko meningkatkan kadar kolesterol jahat alias LDL. Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang mengandung lemak baik serta lebih sehat bagi tubuh seperti ikan, alpukat ataupun cemilan dari kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang kenari.

 

6. Perbanyak Berjalan Kaki

berjalan kaki

Tahukah anda dengan berjalan kaki selama 15 menit saja dapat membantu tubuh membakar sekitar 50 kalori. Berjalan kaki selama 1 jam bisa membakar kalori sebanyak 200 hingga 238 kalori. Jadikan kebiasaan jalan kaki sebagai bagian dari olahraga ringan yang dapat anda lakukan setiap hari. Selain membantu menurunkan berat badan, banyak berjalan kaki juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Demikianlah 6 hal sederhana yang dapat anda lakukan setiap hari untuk membuat tubuh anda lebih sehat. Kuncinya adalah kesadaran dari anda sendiri untuk menjaga aset masa depan anda, yaitu tubuh yang sehat.