5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (3 Votes)

Cara Membuat Tubuh Anda Sehat Secara Menyeluruh Tanpa Tergantung Obat-Obatan dengan Rutin Minum Air Alkali Kangen

Oleh: Dr. Horst S. Filtzer, F.A.C.S. Mantan Kepala Bedah, Cambridge Hospital, Harvard Medical School.

Diterjemahkan oleh: Dikky Satia untuk www.AirKangenEnagic.co.id

 

dehidrasi

Masalah Dehidrasi dan Pentingnya Air Bagi Tubuh

Orang-orang di zaman modern ini menderita keadaan kronis dari yang namanya dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh yang diakibatkan oleh soft drinks, kopi dan lain-lain yang kita konsumsi sehari-hari. Dalam faktanya airlah yang merupakan transporter universal yang menghidupi sekitar 75 triliun sel di dalam tubuh, menstimulasi reaksi kimia sehingga kehidupan kita dapat terus berjalan.

Sel, sebagai definisinya, adalah unit terkecil dari suatu organisme (baik itu pada hewan maupun tumbuhan) dan dapat hidup secara independent, oleh sebab itulah mereka juga disebut sebagai blok-blok dasar yang membangun kehidupan.

Setiap detiknya, entah kita sadari atau tidak, jutaan sel-sel baru tercipta di dalam tubuh dengan proses regenerasi yang tanpa henti. Sebuah sel merupakan unit fungsional yang membentuk jaringan-jaringan yang sehat. Jaringan-jaringan tubuh bekerja secara kolektif untuk membentuk organ-organ yang sehat. Organ-organ bekerja secara kolektif untuk membentuk sistem-sitem yang sehat. Sistem-sistem bekerja secara kolektif membentuk organisme (atau tubuh).

Tubuh kita merupakan satu set sistem yang sangat kompleks, mulai dari sistem imun, sistem pernapasan, sistem pencernaan dan lain-lain. Agar tubuh kita dapat berfungsi secara benar, kita membutuhkan yang namanya sel-sel yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Pada kenyataannya, segala jenis penyakit asalnya dari tingkat sel. Dari sinilah air kemudian memegang suatu peranan yang sangat penting.

 

Sebagian Besar Tubuh Kita Terdiri Atas Air

air sebagai sistem pengangkut

Air merupakan transporter (pengangkut) universal dari nutrisi-nutrisi yang memberi makan tiap-tiap sel di dalam tubuh manusia. Nutrisi-nutrisi ini sangatlah vital untuk menjalankan proses yang membuat sel-sel tubuh kita berada dalam kondisi yang konstan atas pemulihan maupun regenerasi kembali. Air mendominasi sekitar 70% lebih dari tubuh kita. Air merupakan komponen vital dari jaringan otot, tulang, kulit dan darah. Darah kita terbuat dari sekitar 55% plasma, dimana di dalamnya terkandung 95% air. Lalu kenapa semuanya ini begitu penting? aliran darah merupakan sebuah sumber yang konstan mengalir untuk mengedarkan zat-zat nutrisi serta membuang sisa-sisa limbah asam di dalam sel-sel tubuh kita.

Ketika jantung memompa darah menuju sel-sel yang ada di seluruh tubuh kita, plasma darah membawa zat-zat bernutrisi kepada sel-sel dan membuang produk-produk dari sisa metabolisme. Metabolisme sendiri merupakan suatu set dari reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme agar dapat membuat organisme tersebut tetap hidup. Proses ini menyebabkan organisme dapat bertumbuh dan bereproduksi, mempertahankan struktur mereka, dan merespon lingkungan sekitar mereka.

Melalui proses metabolik, sel-sel mencerna nutrisi dan mengubahnya menjadi limbah atau toksin yang terbentuk dari hasil sampingan terhadap fungsi seluler serta proses regenerasi. Tak ada jalan lain yang alami untuk menyingkirkan toksin-toksin ini kecuali melalui hidrasi yang membutuhkan banyak sekali air, yang dapat menstimulasi metabolisme tubuh anda. Kita dapat menyimpulkan bahwasanya air merupakan komponen yang paling penting untuk memberi makan dan membersihkan sel-sel tubuh kita.

Tahukah anda bahwa 30% dari metabolisme tubuh terjadi di dalam otak? Apakah anda ingin selalu merasa cemerlang dalam segala aktifitas apapun yang anda lakukan? Apakah anda ingin terhindar dari sakit kepala, masalah kulit, sakit pada persendian dan otot dan memiliki lebih banyak energi serta memiliki sistem pencernaan yang sehat? Sekarang merupakan suatu hal yang sudah jelas bahwa cara kita menangani tubuh kita untuk berfungsi pada tingkat sel sebagai fundamental dasar kehidupan, berdampak pada kesehatan kita. Dan cara kita menyiapkan sel-sel tubuh kita untuk menyerap nutrisi-nutrisi yang dibutuhkannya secara vital sangatlah dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas air yang kita minum!

 

Pengaruh pH Asam dan Basa pada Cairan Tubuh

ph berbagai macam cairan

Tubuh manusia berfungsi dalam keadaan terbaik ketika darah dan cairan-cairan di dalam jaringan tubuh tidak terlalu asam atau terlalu basa (alkali). Tingkat keasaman abnormal yang sangat tinggi dari darah dan cairan tubuh disebut acidosis. Hasil dari acidosis ini mengakibatkan reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada tingkat sel menjadi tidak efektif, sehingga berakibat pada komplikasi atau masalah kesehatan. Tingkat aktivitas metabolisme sel-sel dipengaruhi oleh pH cairan tubuh.

pH arterial darah dari seseorang yang memiliki tubuh yang sehat bervariasi pada jarak yang sempit yaitu sekitar pH 7.35 dan 7.45. Perubahan pada pH dari arterial darah diluar dari level pH ini berakibat pada kerusakan sel-sel dan berkurangnya resistensi tubuh dalam menghadapi penyakit. Sekarang pikirkan lagi pola makan di masa kini dimana bukan hanya dapat menimbulkan dehidrasi, namun di waktu yang bersamaan juga bersifat asam. Ketika anda mengkonsumsi soda maupun kopi yang membuat tubuh menjadi dehidrasi, ia juga mengakibatkan level pH yang bersifat sangat asam masuk ke dalam tubuh kita.

pH dari reguler dan diet soda berkisar antara 2.47-3.35 (sedangkan battery acid ada pada pH 1.0). Kopi merupakan produk komersial kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia, dan ketika berliter-liter kopi masuk ke dalam tubuh kita, itu artinya kita sedang mengkonsumsi cairan asam dengan level pH berkisar antara 5.0 - 5.5. Semua hal ini (dimana pH yang kurang dari 7.0) mengakibatkan kondisi asam yang sangat tinggi bagi tubuh kita. Sebagai contoh pola makan modern yang tidak sehat yaitu pola makan orang Amerika. Mereka minum secangkir kopi di pagi hari (bersifat asam), kemudian makan burger untuk makan siang (bersifat asam) disertai dengan minum segelas minuman bersoda berukuran besar (bersifat asam), serta makan pizza (bersifat asam) untuk makan malam. Tak heran jika pola makan yang tidak sehat seperti ini mengakibatkan tubuh menderita dehidrasi dan kondisi masyarakat seperti ini dikatakan sebagai masyarakat dengan tingkat asam yang sangat tinggi.

Penting: Sifat asam yang terakumulasi di dalam tubuh dapat dinetralisir dengan cara minum air yang memiliki pH yang tinggi alias bersifat alkali seperti Air Kangen untuk mengembalikan keseimbangan pH alami yang kita butuhkan. Jika kita  membiarkan tubuh kita bersifat terlalu asam, ia akan mempengaruhi metabolisme sel, yang merupakan fundamental hidup dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Yang perlu digaris bawahi adalah keseimbangan pH di dalam tubuh kita merupakan suatu konsekuensi dari nutrisi dan hidrasi! Fakta bahwa perubahan pH sekecil apapun dapat membuat suatu perbedaan yang besar. Jadi bagaimana cara kita mengubah dari sifat tubuh yang terlalu asam dan kekurangan cairan (dehidrasi) menjadi keadaan yang normal dengan pH seimbang?

 

Cara Paling Sederhana Untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

banyak minum air

Metabolisme sel dan pemulihan kembali sel-sel tubuh sangatlah bergantung dari cara kita mempertahankan kondisi yang seimbang dari sistem hidrasi dan alkalinitas. Oleh karenanya kita butuh untuk minum banyak air yang memiliki level pH yang tinggi agar dapat mengembalikan tubuh kita pada keadaan yang seimbang. Dikarenakan sifat alkali (pH lebih dari 7.0) merupakan hal yang berkebalikan dari sifat asam (pH kurang dari 7.0), oleh karenanya kita butuh untuk minum lebih banyak air alkali, hanya itu saja! Suatu cara yang sederhana yaitu hanya dengan minum air alkali kelihatannya seperti hal yang mustahil untuk membuat suatu perbedaan yang besar, apa benar seperti itu? Ada tidak salah dengar karena memang demikianlah adanya. Berikut saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai efek positif dari minum air alkali bagi kesehatan anda, yang dimulai dari level tingkat sel.

 

Banyak Minum Air Alkali Membawa Pada Tingkat Hidrasi Yang Lebih Baik

Aquaporins adalah protein-protein yang melekat pada membran sel yang mengatur aliran air. Mereka disebut juga sebagai "Sistem pipa saluran air bagi sel". Molekul air melintas melalui sistem saluran air sel-sel satu persatu membawa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan dan menyalakan proses metabolik sel-sel. Aquaporins secara litral merupakan jalan pembuka untuk masuk ke dalam sel, dan besarnya bukaan ini selalu berada pada ukuran yang sama. Oleh karenanya agar air dapat melintas masuk, maka ukurannya harus pas dengan ukuran bukaan ini.

Air memiliki berbagai variasi struktur dan cluster, dimana itulah ukurannya. Air alkali seperti Air Kangen memiliki cluster-cluster yang lebih kecil sehingga memudahkannya untuk mengalir melalui aquaporins (pipa pembuka) untuk masuk ke dalam sell.

molekul air

Sebuah molekul air, (yang memiliki simbol kimia H2O), mengandung 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Namun demikian, molekul-molekul air membentuk suatu cluster-cluster ketimbang menjadi suatu molekul-molekul tunggal. Air keran memiliki ukuran cluster yang sangat besar (10-13 molekul per cluster). Semakin alkali sifat suatu air, maka semakin kecil pula cluster-cluster airnya yang merupakan hasil reduksi (pengurangan) dari ukuran aslinya sehingga menjadi micro cluster (kemungkinan berukuran 5-6 molekul per cluster). Ukuran cluster yang kecil ini menjadikannya memiliki kemampuan hidrasi yang tinggi, tingkat kelarutan yang tinggi dan daya tembus yang tinggi untuk dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh.

 

Air Alkali dan Antioksidan

Agar lebih memahami keuntungan dalam mengkonsumsi air alkali, pertama-tama kita harus memahami konsep mengenai radikal bebas dan antioksidan. Radikal bebas merupakan zat kimia yang tidak stabil yang terbentuk di dalam tubuh ketika terjadi metabolisme sel yang normal maupun terbentuk ketika terpapar dari toksin-toksin di lingkungan yang bersatu dengan udara, makanan dan polusi air.

Radikal bebas dapat membantu tubuh kita untuk menghasilkan energi dan memerangi infeksi, namun ketika jumlah radikal bebas menjadi terlalu banyak, mereka akan menyerang sel-sel yang sehat sehingga menjadikannya tua dengan cepat. Proses oksidasi yang membuat besi menjadi berkarat merupakan suatu analogi yang tepat agar kita dapat membayangkan bagaimana cara kerja radikal bebas di dalam tubuh kita. Jika radikal bebas ini dibiarkan begitu saja maka mereka akan membuat kerusakan dalam sel-sel tubuh. Kerusakan akibat radikal bebas (dikenal juga sebagai oksidasi) telah banyak diketahui berhubungan dengan timbulnya penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit kardiovaskuler, katarak maupun proses penuaan pada tubuh manusia.

radikal bebas

Radikal bebas merupakan zat kimia yang memiliki daya reaktif yang sangat tinggi yang dapat menyerang molekul-molekul dengan menangkap elektron, sehingga memodifikasi struktur kimiawinya. Nukleus dari sebuah atom dikelilingi oleh pusaran elektron. Elektron-elektron ini mengelilingi nukleus secara berpasang-pasangan. Ketika sebuah atom kehilangan sebuah elektron dan menjadikannya elektron yang "tidak berpasangan", maka atom tersebut menjadi yang namanya "radikal bebas". Jadi radikal bebas itu sebenarnya adalah sebuah molekul yang tidak memiliki pasangan elektron. Molekul ini bersifat reaktif (merusak) dan mencari elektron lain untuk dapat menjadi pasangannya. Hal ini menjadikan awal mula dari sebuah reaksi berantai yang tidak terkendali yang dapat merusak fungsi alami dari sel-sel yang hidup, mengakibatkan berbagai macam penyakit dan gangguan fungsi normal dari suatu sistem tubuh (seperti sistem imun, sistem saraf, dll).

Untuk mengendalikan efek dari radikal bebas (atau oksidasi), maka kita membutuhkan bantuan antioksidan. Kata antioksidan saat ini juga sudah terdengar semakin umum dalam masyarakat serta kehidupan sehari-hari kita sekarang ini. Sebuah antioksidan secara sederhananya merupakan senyawa kimia atau substansi yang menghambat oksidasi. Vitamin E, vitamin C, dan Beta Carotene merupakan contoh-contoh dari antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek merusak dari suatu oksidasi.

 

Bagaimana Cara Air Alkali Kangen Membantu Memerangi Radikal Bebas dan Oksidasi?

air kagen super antioksidan

Semua sifat asam melepaskan ion-ion H+ ke dalam cairan tubuh. Air alkali Kangen melepaskan ion-ion OH- yang menetralisir efek dari sifat asam yang merupakan hasil dari pola makan kita di zaman sekarang maupun terhadap paparan yang terjadi di lingkungan kita. OH- merupakan tipe ion yang bekerja sebagai donor elektron, yang melawan radikal bebas penyebab oksidasi. Ingatlah bahwa radikal bebas terbentuk karena kehilangan sebuah elektron. Sifat asam membantu menstimulasi radikal bebas yang merusak sel-sel serta DNA. Level pH tubuh yang rendah (alias bersifat sangat asam) berarti bahwa ada lebih banyak ion-ion H+ independent yang mengoksidasi dan beredar di dalam tubuh kita. Tanda "+" merupakan derajat oksidasi dari suatu ion hidrogen. Angka oksidasi setara dengan muatan ionik; "angka oksidasi dari hidrogen adalah +1 dan oksigen adalah -2, sehingga H+ memiliki keadaan oksidasi +1.

Alkalinitas sebenarnya mengukur seberapa banyak ion-ion ada di dalam air. Jika jumlah keseluruhannya adalah memiliki muatan negatif (alias OH-), maka ion-ion (dan air yang kita minum) akan mengatasi dan menyeimbangkan ion-ion H+ yang dihasilkan dari sifat asam. Sebuah proses ionisasi air tidak hanya membuat air menjadi bersifat lebih alkali, namun juga menjadikan air tersebut memiliki tingkat ORP (Oxidation Reduction Potential) yang signifikan. Ketika dilakukan secara benar, ORP yang dihasilkan dari proses ionisasi ini memiliki potensi reduksi yang lebih signifikan ketimbang vitamin C dan antioksidan-antioksidan umum lainnya, mengapa? Karena anda tidak akan mampu mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak dari sumber-sumber lain yang setara dengan antioksidan yang mampu dihasilkan dalam sebuah proses ionisasi air. Proses ionisasi membuat anda memiliki kondisi pH yang alami dan seimbang, metabolisme sel yang sangat baik dan tingkat kesehatan yang sangat baik pula.

antioksidan

Ion-ion bermuatan negatif yang ada di dalam air melalui proses ionisasi ini akan bereaksi terhadap sifat asam apapun (alias H+), dengan demikian menetralisirnya serta mempertahankan keseimbangan pH yang kita butuhkan untuk membuat metabolisme sel yang sehat (ingatlah bahwa sifat asam itu memiliki pH di bawah 7.0). Karena itulah minum air alkali yang merupakan hasil dari proses mesin ionisasi air seperti Air Kangen dapat membantu memerangi efek negatif dari pola makan tidak sehat di zaman modern ini serta menetralisir paparan toksin atau racun-racun yang berasal dari lingkungan yang dapat membuat tubuh kita dehidrasi dan berada dalam kondisi yang asam.

 

Kesimpulan Akhir

minum kangen water sd501 k8

Minum air yang tepat (alias bukan hanya minum sembarang air), sangatlah vital bagi kesehatan serta proses pencegahan terhadap serangan berbagai penyakit. Hal ini merupakan satu realita nyata khususnya yang terjadi di zaman modern sekarang ini, yaitu abad ke-21 dimana kehidupan masyarakat saat ini didominasi oleh sifat asam. Secara personal, saya dapat memberikan kesaksian bahwa hidup saya sendiri secara pribadi telah banyak terbantu dengan mengkonsumsi air Kangen Water... Sebagai seorang dokter, ahli bedah dan sebagai seorang individu, saya menyarankan pada semua orang untuk mulai mengkonsumsi air Kangen ini. Saya merasa air ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat manusia... dan yang bisa saya lakukan hanyalah merekomendasikannya setinggi-tingginya. (Dr. Horst Filtzer)

 

Penulis Artikel

dr horst filtzer

Dr. Horst S. Filtzer MD, F.A.C.S.

Mantan Kepala Bedah, Cambridge Hospital, Harvard Medical School.

Dewan Penasihat Medis Enagic Kangen Water Internasional

Artikel diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh: Dikky Satia untuk www.AirKangenEnagic.co.id